Cara Paling Gampang Menghilangkan Tanggal Postingan Blog dan SERP

Kali ini saya akan berbagi tips sederhana untuk menghilangkan tanggal postingan pada SERP. Tujuannya adalah agar artikel semakin Seo Friendly dan berpotensi klik oleh pengunjung yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Percaya atau tidak bahwa tanggal yang muncul pada potingan blog memiliki peranan penting dalam menentukan jumlah klik pada SERP. Inilah yang biasanya mempengaruh seo atau tidaknya sebuah artikel dalam hasil pencarian.

Jika artikel/postingan yang sudah lama dan kurang update muncul pada SERP, maka akan dianggap usang dan tentu pengunjung tidak akan langsung melakukan klik. Baca juga: Teknik SEO On Page Tingkat Dasar.

Ada kemungkinan pengunjung langsung mencari artikel lain yang berada pada halaman yang sama pada mesin pencari atau artikel yang baru diposting. Mungkin juga pengunjung membuka artikel yang tanggal postinganya tidak muncul, meskipun berada pada urutan dibawahnya.

Trik ini yang biasanya disebut sebagai optimasi seo pada postingan. Nah, untuk menghilangkan tanggal pada postingan caranya sangat gampang, berikut ulasannya.
  1. Pertama, loading ke blog masing-masing.
  2. Kemudian, pilih Layout (tata letak)>>Blog Post, maka akan muncul gambar tampilan seperti dibawah ini.
    Cara Paling Gampang Menghilangkan Tanggal Postingan Blog dan SERPCara Paling Gampang Menghilangkan Tanggal Postingan Blog dan SERP
  3. Selanjutnya, hilangkan tanda centang pada tanggal dan jam postingan, perhatikan gambar diatas.
  4. Terakhir klik tombol simpan, agar konfigurasi yang telah Anda lakukan tersimpan.

Sampai pada tahap ini Anda telah berhasil menghilangkan tanggal pada postingan, namun belum berhasil menghilangkannya secara keseluruhan terutama pada hasil pencarian (SERP). Jika dilakukan secara cermat, maka hasilnya artikel Anda akan semakin seo friendly.

Untuk update konfigurasi ini pada mesin pencari diperlukan waktu sekitar 2 minggu hingga 1 bulan, tergantung banyaknya artikel yang ada pada blog Anda. Semakin banyak jumlah artikel, maka perayapan dan update oleh robot mesin pencari juga memakan waktu yang lumayan lama.

Namun Anda tidak perlu khawatir, jika proses ini sudah Anda lakukan maka seiring berjalannya waktu, tanggal pada SERP akan hilang dengan sendirinya. Setelah menunggu beberapa bulan, coba Anda perhatikan kembali apakah hasil pencarian pada artikel Anda sudah tidak muncul tanggal?


Jika masih belum, nasihat terakhir dari saya adalah cobalah untuk bersabar hingga menunggu robot selesai mengupdate konfigurasi pada blog Anda. Ingatlah selalu bahwa seorang Blogger yang sabar akan selalu disayangi oleh mbah google.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »