Widget untuk Blog yang Wajib di Pasang pada Sidebar sebagai Navigasi

Widget untuk blog bertujuan untuk mempercantik tampilan blog, namun juga berfungsi sebagai navigasi yang baik bagi pengunjung. Awas jangan berlebihan membuat widget untuk blog, alih-alih untuk mempercantik malah memperlambat dan memberatkan loading blog.

Alhasil, jika loading blog semakin lelet, pengunjung bakalan berpindah ke blog yang loadingnya kenceng.

Untuk itu, kali ini saya akan sharing khusus mengulas widget untuk blog yang wajib dipasang, sedangkan yang lain sifatnya optional, boleh ada boleh juga tidak. Baca juga: Apa itu Blog?

Untuk menyisipkan widget Anda bisa menambahkan script berikut, namun sebelumnya buka dulu dashboard blogger>>pilih tata letak/layout. Pada side bar, Anda silahan pilih tambahkan gadget, ada banyak pilihan gadget yang akan Anda pilih untuk mempercantik blog sekaligus sebagai navigasi.
Widget untuk Blog yang Wajib di Pasang pada Sidebar sebagai Navigasi


Oke, langsung saja kita simak widget apa saja yang wajib dimiliki sebuah blog agar telihat menarik dan bermanfaat sebagai navigasi pengunjung, cek ke tkp!

Widget untuk blog #1. Recent Post

Widget untuk Blog yang Wajib di Pasang pada Sidebar sebagai Navigasi
Widget recent post berfungsi untuk menampilkan artikel terbaru yang diposting pada blog. Memang sih saat pengunjung membuka home page, pengunjung juga bisa melihat artikel yang baru, namun bagaimana jika pengunjung sudah membuka salah satu artikel yang ditemukan di mesin pencari?

Yes, widget recent post adalah jawaban yang pas untuk membantu menginformasikan kepada pengunjung postingan terbaru. Jika dianggap menarik, maka pengunjung bisa melakukan klik.

Posisi strategis recent post berada pada sidebar paling atas, jika menayangkan iklan maka posisinya dibawah iklan.

Fungsi lain, membuat pengunjung semakin betah berada lama-lama di blog. Tambahkan script dibawah ini untuk menampilkan recent post pada widget HTML/Java Script.

<script style="text/javascript" src="http://helplogger.googlecode.com/svn/trunk/helplogger/recentpoststhumbs.js"></script>
<script style="text/javascript">
var posts_no = 3;
var showpoststhumbs = true;
var readmorelink = true;
var showcommentslink = true;
var posts_date = true;
var post_summary = true;
var summary_chars = 70;</script>
<script src="/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&callback=showlatestpostswiththumbs"></script>
<noscript>Your browser does not support JavaScript!</noscript>
<link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Oswald' rel='stylesheet' type='text/css'/>
<style type="text/css">
img.recent-post-thumb {padding:2px;width:65px;height:65px;float:left;margin: 0px 10px 10px; background: #fff; border: 1px solid #69B7E2;}
.recent-posts-container {font-family: 'Oswald', sans-serif;  float: left;width: 100%;min-height: 70px;margin: 5px 0px 5px 0px;padding: 0;font-size:12px;}
ul.recent-posts-container li {position:relative;padding:5px 0px;min-height:65px; list-style-type: none; margin-bottom: 5px;}
ul.recent-posts-container {counter-reset: countposts;list-style-type: none;}
ul.recent-posts-container li:before {content: counter(countposts,decimal);counter-increment: countposts;z-index: 2;position:absolute; left: 15px; font-size: 13px;font-weight: bold;color: #fff;background: #69B7E2;padding: 4px 10px; border-radius: 100%;}
.recent-posts-container a { text-decoration:none; }
.recent-post-title a {font-size: 13px; text-transform: uppercase; color: #2aace3;}
.recent-posts-details {margin: 5px 0px 0px 92px; }
.recent-posts-details a{ color: #777;}
</style>

Catatan: Untuk mengubah jumlah postingan silahkan ubah angka 3 menjadi settingan yang Anda inginkan!.

Widget untuk Blog #2. Popular Post

Widget untuk Blog yang Wajib di Pasang pada Sidebar sebagai Navigasi
Widget popular post untuk menampilkan postingan/entry/artikel yang paling banyak di lihat. Untuk menambahkan widget ini pada sidebar blog, caranya gampang.

Widget ini memiliki beberapa konfigurasi seperti Jumlah posting yang ditampilkan, terpopuler setiap saat; 30 hari terakhir; dan 7 hari terakhir.

Anda juga bisa menampilkan cuplikan artikel dan gambar artikel pada widget dengan mencentang pilihan konfigurasi. Tampilan selengkapnya dapat Anda lihat dibawah ini.

Untuk pengaturan konfigurasi dapat Anda sesuaikan sendiri sesuai dengan selera Anda.

Widget untuk Blog #3 Arsip

Widget untuk Blog yang Wajib di Pasang pada Sidebar sebagai Navigasi
Widget ini sesuai dengan judulnya untuk menampilkan arsip postingan. Berfungsi sebagai navigasi kepada pengunjung untuk menjelajahi artikel/postingan yang mungkin saja udah lama, namun relevan dengan pencarian.

Mengenai tampilannya bisa Anda atur sendiri sesuai dengan keinginan Anda namun tetap memberi keyamanan kepada pengunjung. Widget ini juga merupakan salah satu syarat untuk mendaftar google adsense. Untuk lebih jelas dapat Anda lihat pada gambar tampilan dibawah ini.

Widget untuk Blog #4 Label

Widget untuk Blog yang Wajib di Pasang pada Sidebar sebagai Navigasi
Widget label atau sering juga disebut kategori/tags bertujuan untuk menampilkan dan mengelompokan postingan berdasarkan kategori. Tampilan dapat disesuaikan dengan urutannya yaitu setelah arsip atau pada bagian footer.

Widget ini akan membantu pengunjung untuk melihat sejumlah postingan berdasarkan kategorinya.

Kesimpulan:

Sebelum memutuskan untuk mendaftar menjadi publisher google adsense, ada baiknya Anda memasang 4 widget untuk blog ini, jangan lupa perbanyak konten berkualitas dan pengunjung organik.


Karena ke 4 widget penting ini merupakan navigasi bagi pengunjung untuk memberikan pengalaman menarik ketika berada dalam blog Anda. Baca juga: Cara Sederhana agar Blogging tidak Membosankan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »